TERIMA KASIH BUAT KAMU YANG MENDUKUNG BLOG INI..KOMENTAR ANDA PENENTU KEBERHASILAN BLOG INI

INDONESIA MANGKIN SEKSI SAJA !

JIKA INGIN MENGUASAI SPIRITUAL KUASAILAH BAHASA ARAB

JIKA INGIN MENGUASAI PERDAGANGAN KUASAILAH BAHASA CHINA

JIKA INGIN MENGUASAI TEKHNOLOGI KUASAILAH BAHASA INGGRIS

(EDITING BY: OPOSISI KEPRI/ BATAM SECRET)

" HARGAILAH HASIL KARYA ORANG LAIN "


oposisikepri@gmail.com

Selasa, 18 September 2012

RISET DAUR ULANG LIMBAH B3




Risetku Berhasil. Mebuat Bata Tahan Api
AKU BUTUH DUKUNGAN INVESTOR
   Oleh : Riza
  (Aktivis Lingkungan Indonesia)
    Kata Limbah pasti membuat banyak pihak jengah mendengarnya, padahal limbah ini terjadi akibat proses produksi yang dapat menghasilkan daya jual yang sangat tinggi. Contohnya dikawasan Tanjung Uma Batam dimana terdapat sebuah usaha kecil milik warga yang mendaur ulang limbah rumah tangga menjadi pupuk kompos.
   Selain limbah rumah tangga, limbah yang dapat didaur ulang menjadi nilai jual sangat tinggi yaitu limbah copper slag sebagai bahan baku untuk pengerjaan blasting di permukaan metal sebelum dilakukan pengecatan, atau limbah karbit dalam proses pembuatan asetelin. Jika mengetahui pemanfaatan daur ulangnya tentunya dapat menjadi nilai yang cukup ekonomis yang daya jualnya cukup tinggi.
   Hal ini membuat aku sebagai aktivis lingkungan hidup pemimpin dari NGO Cisha Indonesia yang bermarkas di kota Batam melakukan pengujian-pengujian atau riset untuk menjadikan limbah-limbah berbahaya yang sebelumya membuat para pengusaha kerepotan untuk menanganinya serta menimalisir pencemaran lingkungan apabila limbah tersebut dibuang sembarangan. Aku berusaha untuk menjinakan limbah limbah berbahaya itu.
   Tim riset yang aku pimpin sedang mengadakan pengujian dan analisa untuk membuat Bata Tahan Api yang bahan bakunya berasal dari limbah B3. Laboratoriumku sangat sederhana tapi tim yang memiliki skil dalam pemikiran menciptakan trobosan trobosan yang cukup fantastis.
   Kami meracik atau pencampuran bahan bahan sedetil-detil agar hasilnya memuaskan. Tahapan pertama kami telah melakukan ramuan pembuatan Bata Tahan Api dari Limbah debu Allumunium  disinergikan dengan Fly Ash dari pembakaran batu bara, ditambah formula lainya yang bahanya banyak didapat di sekitar Batam.
   Tim riset terus mengkaji tentang limbah yang bagi kebanyakan orang tidak bisa dimanfaatkan, hingga disimpulkan jika adanya reaksi terus menerus dari limbah allumunium ini apabila bercampur dengan air, sehingga tahap pertama kami menghentikan secara total terhadap reaksi tersebut kemudian baru diolah sebagai bahan baku Bata Tahan Api.
   Dari hasil riset kami sudah menghasilkan 14 contoh racikan yang kekuatannya jauh melebihi batako yang sering dijual dan digunakan masyarakat awam. Dari ke 14 contoh yang dihasilkan kami memberi kode ZN-I sampai ZN-XIV, kami juga telah mendapat titik terang sebagai formula pembanding di ZN-VI, dan hasil riset kami juga telah menghasilkan pengujian dengan beberapa klasifikasi berat, kekerasan, bentuk serta yang paling penting adalah aman dan ramah lingkungan.
   Dampak kesehatan dari Bata Tahan Api yang 70% bahannya dari limbah B3, kami telah mengujinya dalam riset dan proses, namun begitu menurut analisa kami zat berbahaya yang ada telah di netralkan dengan cara di bakar selama 6 jam  menggunakan blower menghasilkan suhu panas 1,500 sampai 2000 derajat celcius.
   Misi kami adalah apabila formula ini layak digunakan adalah menggiatkan para pengusaha-pengusaha kecil untuk berkecimpung disektor ini, kami tidak berpikir profit terhadap hasil produk, kami hanya menumbuhkan minat produksi Batu Bata Tahan Api sehingga limbah-limbah yang dahulunya dibuang sembarangan ataupun kalau dikirim ke Jawa untuk dimusnahkan yang tentunya menimbulkan biaya yang sangat tinggi. Jadi misi kita adalah meminimalisir kerusakan lingkungan akibat limbah limbah yang berbahaya itu.
   Seperti contoh, bagaimana dahulu era tahun 90-an, oli-oli bekas/ kotor dibuang sembarangan karena penggunakan oli tersebut hanya sebatas untuk membasahi rantai gergaji mesin atau speda motor. Namun sekarang ini orang pada berebut untuk membelinya karena dapat digunakan sebagai bahan pembakaran di peleburan kuningan dan Allumunium.
Terlepas dari itu semua, namun usaha kami ternyata terganjal soal pembiayaan operasional produksi..Call Centre: 081277017617 ( By: BATAM SECRET )

1 komentar:

I AM TOPENG '777' (BATAM SECRET) mengatakan...

Pemuda Pemudi Indonesia sudah semangkin genius..apakah negara ini mendukung ?